PENGANTAR SISTEM INFORMASI
A.    Sejarah Sistem Informasi
Komputer pertama disebut mainframe, ukurannya sangat besar dan hanya mampu dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar dan hanya memfokuskan pada satu tugas tunggal yang diminta oleh penggunanya. Pada tahun 1960-an perusahaan IBM merevolusikan industri komputer dengan memperkenalkan lini komputer IBM system/360. Komputer ini adalah komputer pertama yang secara sekaligus melakukan berbagai tugas yang diminta oleh beberapa penggunanya. Seiring berkembangnya jaman maka beberapa produsen menyadari adanya kebutuhan untuk menyediakan sumber daya komputer dengan memproduksi dan memasarkan komputer yang lebih kecil dan murah dari mainframe.
Sistem skala kecil yang pertama disebut komputer mini (mini computers) dan dengan cepat diikuti oleh komputer yang lebih kecil lagi yang disebut komputer mikro (micro computer). Ketika IBM memperkenalkan komputer mikronya yang disebut PC, maka pada tahun 1982, baik produk IBM maupun namanya diadopsi secara universal dan sampai saat ini dikenal dengan stilah komputer pribadi (personal computer- PC).

B.     Pengantar Arsitektur Komputer
Perangkat keras dalam sebuah komputer dikendalikan oleh sebuah sistem operasi.peranti lunak menjalankan tugas-tugas para penggunanya. Inti dari sebuah komputer adalah prosesornya, prosesor dikendalikan oleh sebuah sistem operasi seperti Windows XP, mengelola alat input dan output, alat penyimpanana data, dan operasi atas data. Unit Pemroses Sentral (CPU) mengendalikan seluruh kompenen lain sedangkan Memori Akses Acak (RAM) bekerja sebagai tempat kerja sementara bagi CPU. CPU dan RAM terdapat pada mother board, papan sirkuit yang menjadi tempat terhubungnya semua sarana. CD-ROM, USB flash drive, dan hard disk  adalah alat untuk menyimpan data. Berbeda dengan beberapa komponen sebelumnya, RAM menawarkan penyimpan data secara permanen.


C.     Evolusi Bidang Aplikasi Komputer
Sistem informasi adalah suatu sistem virtual yang memungkinkan manajemen mengendalikan operasi sistem fisik perusahaan. Sistem fisik perusahaan terdiri dari sumber daya berwujud- bahan baku, karyawan, mesin, dan uang. Sedangkan sistem virtual terdiri dari sumber daya informasi yang digunakan untuk mewakili sistem fisik. Sistem fisik sebuah perusahaan adalah sitem terbuka yang berinteraksi dengan lingkungannya melalui aliran sumber daya fisik. Sistem tertutup adalah sistem yang tidak berkomunikasi dengan lingkungan. Sistem yang benar-benar tertutup tidak akan berinteraksi dengan konsumen, manajer, atau siapapun dan tidak menjadi perhatian dari pengembang dan pengguna sistem informasi.
Sebelum komputer ada, sistem virtual perusahaan adalah kombinasi dari proses manual, mesin-mesin pembukuan yang digerakkan oleh kunci, dan sistem kartu berlubang yang memproses data perusahaan. Ssitem berbasis komputer yang pertama disebut sistem pemrosesan data elektronik (EDP),  belakangan istilah sistem iniformasi akuntansi (AIS) mulai dikenal. Kini sistem pemrosesan transaksi merupakan istilah yang telah umum.  Sistem ini berbagi satu ikatan yang sama dimana mereka memproses data yang mencerminkan aktivitas perusahaan.

D.    Pengguna Sistem Informasi
Sistem informasi digunakan oleh para manjer, non manajer, professional dan orang-orang diluar perusahaan. Manajer dapat ditemukan diberbagai tingkat manajemen dan diarea bisnis lainnya. Robert N Anthony membagi manajer dalam tiga tingkatan, yaitu:
  1.          Tingkat utama (tingkat perencanaan strategis) dimana keputusan mereka seringkali akan memiliki dampak bagi keseluruhan organisasi selama bertahun-tahun ke depan. Contohnya presiden dan wakil presiden
  2. ·         Tingkat menengah (tingkat kendali manajemen) dimana manajer ditingkat ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan rencana dan memastikan tercapainya tujuan. Contohnya kepala divisi maupun direktur produk
  3. ·         Tingkatbawah (tingkat kendali operasional) dimana operasional sebuah perusahaan benar-benar terjadi

Selain di organisasi manajer dapat ditemukan dalam area bisnis. 3 area bisnistradisional yaitu pemasaran, produksi maupun keuangan dan 2 tambahan yang dianggap cukup penting yaitu sumber daya manusia dan layanan informasi. Manajer mengambil keputusan untuk memecahkan masalah ketika mereka melaksanakan fungsi-fungsi dan memainkan peranan tertentu. Informasi yang diberikan kepada manajer adalah yang paling efektif ketika ia mengetahui dan mendukung fungsi dan peranan-peranannya.

E.     Peranan Informasi Dalam Pemecahan Masalah Manajemen
Pemecahan masalah adalah aktivitas terpenting yang dilakukan seorang manajer merupakan suatu gambaran yang terlalu disederhanakan. Pemecahan masalah merupakan salah satu aktivitas utama yang seringkali menentukan berhsil atau tidaknya karier manajemen. Hasil dari pemecahan masalah adalah sebuah solusi. Kita akan memperhitungkan peralihan kesempatan kedalam pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah sebagai suatu kondisi yang merugikan atau memiliki potensi untuk merugikan bagi perusahaan atau yang menguntungkan atau memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan. Selama proses pemecahan masalah, manajer akan terlibat dalam pengambilan keputusan yaitu tindakan memilih dari berbagai alternatif tindakan.
Menurut Herbert A Simon terdapat empat tahapan dasar dalam pemecahan masalah yang diakui secara universal, pemecah masalah akan terlibat dalam:
  • ·         Aktivitas intelijin. mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan solusi di dalam lingkungan
  • ·         Aktivitas perancangan. menemukan, mengembangkan, dan menganalisis kemungkinan-kemungkinan tindakan
  • ·         Aktivitas pemilihan. memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang tersedia
  • ·         Aktivitas peninjauan. Menilai pilihan-pilihan masa lalu


F.     Masa Depan Teknologi Informasi
Masa depan teknologi informasi akan didorong oleh biaya yang rendah dan meningkatnya kekuatan komputer maupun komunikasi. Kekuatan komputer diukur dalam kecepatan pemprosesan, kapasitas penyimpanan data, dan keragaman alat input maupun output. Kekuatan komunikasi diukur oleh biaya dan kecepatan transmisi.
Komputer dan komunikasi sedang mengalami penggabungan. Contohnya telepon genggam kini memiliki browser, e-mail,maupun kemampuan foto dan fitur-fitur penyuntingannya. Logitech telah mengembangkan sebuah pena digital, roller dalam pena ini bekerja hampir sama seprti bola roller dalam mouse. Akan tetapi pena ini mampu mengingat seluruh kata maupun gambar yang ditulis.

Kemajuan ini mengindikasikan bahwa di masa depan komputer akan rendah biaya, berukuran kecil, bergerak dan terhubung. Untuk mengambil keuntungan dari segala kemungkinan maka seorang manajer harus belajar untuk menerapkan sistem informasi kedalam pengambilan keputusannya.

This entry was posted by Unknown. Bookmark the permalink.

Leave a Reply