1.
Organisasi Bisnis
Sistem informasi
dikembangkan untuk mendukung keseluruhan organisasi eksekutif, dan area bisnis.
SIM dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum para manajer
perusahaan, sistem informasi eksekutif dirancang untuk digunakan oleh manajer
tingkat strategi perusahaan, dan 5 sistem informasi di tingkat lebih rendah
dalam figur tersebut mencakup kebutuhan-kebutuhan informasi unik dari area
bisnis tersebut.
Sistem-sistem informasi
ini dirancang khusus untuk organisasi fisik, yaitu cara bagaimana sumber daya
fisik (manusia, bahan baku, mesin, dan uang) dialokasikan ke berbagai area-area
fisik perusahaan- anak perusahan global, divisi, wilayah, distrik, cabang dan
seterusnya. Inovasi-inovasi dibidang teknologi infomasi telah memungkinkan
banyak aktivitas perusahaan dilaksanakan tanpa dibatasi oleh lokasi fisik.
Struktur organisasi seperti ini disebut sebagai organisasi maya (virtual organization).
2.
Organisasi Layanan Informasi
- · Sumber Daya Informasi
Sumber
daya informasi terdiri dari peranti keras,
komputer pranti lunak, komputer spesialis informasi, pengguna fasilitas,
basis data dan informasi. Sebagian besar sumber daya ini pada umumnya berlokasi di layanan informasi
dan merupakan tanggung jawab dari CIO. Sumber daya informasi yang tercapai di
area-area pengguna adalah tanggung jawab dari para manajerarea penguna.
- · Spesifikasi Informasi
Istilah
spesialis informasi (information
specialist)digunakan untuk menggambarkan karyawan yang tanggung jawab
utamanya adalah untuk memberikan kontribusi atas tersedianya sumber datya
informasi dalam perusahaan.
a) Analis
Sistem
Spesialis ini bekerja dengan
pengguna untuk mengembangkan sitem-sistem baru dan memperbaiki sistem-sistem
yang sudah ada. Analis sistem adalah
orang yang ahli dalam mendfinisikan masalah dan membuat dokumentasi
tertulis mengenai bagaimana komputer akan membantu menyelesaikan masalh
tersebut.
b) Administrator
Basis Data
Seorang analis informasi yang
bertanggung jawab atas basis data disebut administrator
basis data (data base administrator- DBA. Tugas DBA terdiri atas 4 area
yaitu perencanaan, implementasi, operasi dan keamanan.
c) Webmaster
Webmaster bertanggung jawab atas
isi dan penyajian situs web perusahaan. Webmaster harus bekerja sama dengan
spesialis jaringan untuk memastikan bahwa jaringan komunikasi antaraperusahaan
dan pelanggan dan atau sekutu bisnisnya selalu terbuka. Situs web selalu
mengandalkan gambar dan Webmaster biasanya memiliki keahlian dalam memanipulasi
atau perancangan grafik.
d) Spesialis
Jaringan
Spesialis jaringan bekerja dengan
analis sistem dan pengguna dalam membuat jaringan komunikasi data yang
menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar. Spesialis jaringan akan
menggabungkan keahlian dari bidang-bidang komputasi maupun telekomunikasi.
e) Programer
Programmer menggunakan dokumentasi
yag dibuat oleh sistem analis untuk membuat kode program komputer yang mengubah
data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
f) Operator
Operator menjalankan peralatan
komputasi berskala besar, seprti komputer mainframe
dan server, yang biasanya berlokasi dalam memfasilitasi komputasi
perusahaan. Perusahan akan memonitor konsol, mengganti kertas printer,
mengelola perpustakaan pita dan disk
penyimpanan data, serta melakukan tugas-tugas lain yang serupa.
Semua
spesialis informasi diatas pada umumnya digabungkan dengan
perwakilan-perwakilan dari organisasi pengguna untuk membentuk tim proyek yang mengembangkan
sistem. Para spesialis juga memiliki tanggung jawab dalam memelihara sistem
setlah sistem tersebut diimplementasikan.
3.
Struktur Organisasi Layanan Informasi
Spesialis informasi dalam layanan
informasi dapat diorganisasikan menurut berbagai macam cara. Unit-unit
organisasional yang pertama disentralisasikan ke dalam perusahaan, dengan
hampir seluruh sumber daya informasi berada di unit IT.
- · Tren Dari Struktur Tersentralilasi Ke Desentralisasi
Struktur
ini disesuaikan dengan siklus hidup sistem. Perusahaan telah menugaskan
beberapa orang analis sistem dan programer untuk mengembangkan sistem-sistem baru
dan beberapa orang analis serta programmer lainnya memelihara sistem-sistem
yang sudah ada. Masing-masing kelompok dipimpin oleh seorang manajer. Unit-unit
operasi, administrasi basis data, dan jaringan akan memberikan kontribusi bagi
pengembangan maupun pemeliharaan. Selama tahun 1970-an dan 1980-an, beberapa
perusahaan mulai mendesentralisasikan kebanyakan sumber daya informasinya
dengan mengalokasikan mereka ke unit-unit bisnis dan memberikan wewewnang bagi
unit un tuk memutuskan bagaimana sumber daya akan dipalikasikan.
- · Struktur Organisasi Inovatif
Peneliti
SIM mengidetifikasikan 3 struktur inovatif yang disebut model sekutu (patner model), model platform (platform model), dan model berskala (scalable model). basis model sekutu
adalah bahwa layanan informasi bekerja dengan area-area bisnis dalam
menggunakan teknologi informasi guna menghasilkan inovasi. Asumsi yang
mendasari model platform adalah bahlwa layanan tidak akan secara aktif
mengawali inovasi bisnis, namun akan menyediakan sumber daya informasi sehingga
inovasi tersebut dapat dicapai oleh area-area bisnis.
Model
berskala menyadari bahwa sumber daya haru diperoleh begitu peluang psar muncul
dan harus dapat dengan cepat dilepaskan
ketika peluang tersebut tidak agi terjadi, sehingga tetap mempertahankan biaya
tetap pada tingkat yang minimum. Cara pandang inovatif terhadap struktur
organisasi ini menyadari bahwa fungsi IT bukanlah suatu unit berdiri sendiri
dengan menyimpan seluruh sumber daya informasi dan memberikan semua sistem
informasi kepada pengguna.
4.
Pengguna Sbg Suatu Sumber Daya Informasi
- · Keuntungan Kompetasi Pengguna Akhir
EUC
memberikan manfaat utama:
a) Menyamakan
kemampuan dan tantangan
b) Mempersempit
jarak komunikasi
- · Resiko Kompetasi Pengguna Akhir
Ketika
pengguna akhir mengembangkan sistem sendiri maka mereka akan menghadapkan
perusahaan pada beberapa resiko:
a) Sasaran
sistem yang buruk
b) Sistem
yang dirancang dan didokumentasikan dengan buruk
c) Penggunaan
sumber daya informasi yang tidak efisien
d) Hilangnya
integritas data
e) Hilangnya
keamanan
f) Hilangnya
kendali
5.
Kriteria Yg Dibutuhkan Utk Karier
Dibidang Layanan Informasi
- · Pengetahuan pengembangan sistem
- · Keahlian pengembangan sistem
- · Keahlian komunikasi
6.
Otomatisasi Kantor
Otomatisasi
kantor adalah penerapan otomatisasi seperti teknologi komputer pada pekerjaan
kantor. Otomasi kaontor meliputi seluruh sistem elektronik formal maupun
informal yang terutama berhubungan dengan komunikasi informasi ked an dari
orang-orang di dalam maupun diluar perusahaan. Satu keunggulan dari office automation (OA) adalah adanya
fakta bahwa ia memberikan suatu sambungan komunikasi bagi orang-oarang di dalam
dan di luar perusahaan untuk saling berkomunikasi satu sama lain.
7.
Kantor Maya
OA
membuat pekerjaan kantor tidak harus dkerjakan dikantor, pekerjaan dapat
dilakukan dimanapun karyawan berada- di suatu kantor maya. Konsep ini mengakui
bahwa peerjaan kantor dapat dilakukan disemau lokasi geografis selam tempat
kerja tersebut selalu tersambung dengan satu atau lebih lokasi tetap perusahaan
oleh suatu jenis kemampuan komunikasi elektronik.
- · Telecomuning
Salah
satu cara untuk menggambarkan bagaimana karyawan dapat secara elektronik pergi
ke kantor, fokusnya hanya pada beberapa kelas pekerja kantor tertentu saja yang
dapat melakukan pekerjaan mereka di rumah
- · Hoteling
Fokus
pada hoteling tidak hanya pada beberapa kelas pekerja saja melainkan telah
meluas meliputi selurh karyawan yang hanya datang ke kantor ketika dibutuhkan
- · Keuntungan kantor maya
a) Biaya
fasilitas yang lebih rendah
b) Biaya
peralatan yang lebih rendah
c) Berkurangnya
penghentian pekerjaan
d) Kontibusi
sosial
- · Kerugian kantor maya
a) Moral
yang rendah
b) Kekhawatiran
akan resiko keamanan
8.
Organisasi Maya
Keberhasilan
kantor maya memicu para visioner untu melihat bagaiman kantor maya dapat
diperluas hingga berlaku bagi keseluruhan perusahaan-sebuah organisasi maya. Di
sebuah organisasi maya, operasi keseluruhan perusahaan dirancang sedemikian
rupa sehingga menjadi titik terikat pada lokasi-lokasi fisik.
·
Dampak sosial organisasi maya
Industri-industri
yang paling tertarik pada konsep kantor maya dan organisasi maya adalah
industri yang memberikan nilai tambah dalam bentuk imformasi, ide maupun
kecerdasan. Ketiga nilai tambah tersebut dikenal dengan sebutan Ekonomi Tiga I (Three I Economy)
Leave a Reply