Pengguna dan Pengembang Sistem

1.                  Organisasi Bisnis
Sistem informasi dikembangkan untuk mendukung keseluruhan organisasi eksekutif, dan area bisnis. SIM dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum para manajer perusahaan, sistem informasi eksekutif dirancang untuk digunakan oleh manajer tingkat strategi perusahaan, dan 5 sistem informasi di tingkat lebih rendah dalam figur tersebut mencakup kebutuhan-kebutuhan informasi unik dari area bisnis tersebut.
Sistem-sistem informasi ini dirancang khusus untuk organisasi fisik, yaitu cara bagaimana sumber daya fisik (manusia, bahan baku, mesin, dan uang) dialokasikan ke berbagai area-area fisik perusahaan- anak perusahan global, divisi, wilayah, distrik, cabang dan seterusnya. Inovasi-inovasi dibidang teknologi infomasi telah memungkinkan banyak aktivitas perusahaan dilaksanakan tanpa dibatasi oleh lokasi fisik. Struktur organisasi seperti ini disebut sebagai organisasi maya (virtual organization).
2.                  Organisasi Layanan Informasi
  • ·         Sumber Daya Informasi
Sumber daya informasi terdiri dari peranti keras,  komputer pranti lunak, komputer spesialis informasi, pengguna fasilitas, basis data dan informasi. Sebagian besar sumber daya ini  pada umumnya berlokasi di layanan informasi dan merupakan tanggung jawab dari CIO. Sumber daya informasi yang tercapai di area-area pengguna adalah tanggung jawab dari para manajerarea penguna.
  • ·         Spesifikasi Informasi
Istilah spesialis informasi (information specialist)digunakan untuk menggambarkan karyawan yang tanggung jawab utamanya adalah untuk memberikan kontribusi atas tersedianya sumber datya informasi dalam perusahaan.
a)      Analis Sistem
Spesialis ini bekerja dengan pengguna untuk mengembangkan sitem-sistem baru dan memperbaiki sistem-sistem yang sudah ada. Analis sistem adalah  orang yang ahli dalam mendfinisikan masalah dan membuat dokumentasi tertulis mengenai bagaimana komputer akan membantu menyelesaikan masalh tersebut.
b)      Administrator Basis Data
Seorang analis informasi yang bertanggung jawab atas basis data disebut administrator basis data (data base administrator- DBA. Tugas DBA terdiri atas 4 area yaitu perencanaan, implementasi, operasi dan keamanan.
c)      Webmaster
Webmaster bertanggung jawab atas isi dan penyajian situs web perusahaan. Webmaster harus bekerja sama dengan spesialis jaringan untuk memastikan bahwa jaringan komunikasi antaraperusahaan dan pelanggan dan atau sekutu bisnisnya selalu terbuka. Situs web selalu mengandalkan gambar dan Webmaster biasanya memiliki keahlian dalam memanipulasi atau perancangan grafik.
d)     Spesialis Jaringan
Spesialis jaringan bekerja dengan analis sistem dan pengguna dalam membuat jaringan komunikasi data yang menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar. Spesialis jaringan akan menggabungkan keahlian dari bidang-bidang komputasi maupun telekomunikasi.
e)      Programer
Programmer menggunakan dokumentasi yag dibuat oleh sistem analis untuk membuat kode program komputer yang mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
f)       Operator
Operator menjalankan peralatan komputasi berskala besar, seprti komputer mainframe dan server, yang biasanya berlokasi dalam memfasilitasi komputasi perusahaan. Perusahan akan memonitor konsol, mengganti kertas printer, mengelola perpustakaan pita dan disk penyimpanan data, serta melakukan tugas-tugas lain yang serupa.
Semua spesialis informasi diatas pada umumnya digabungkan dengan perwakilan-perwakilan dari organisasi pengguna untuk membentuk tim proyek yang mengembangkan sistem. Para spesialis juga memiliki tanggung jawab dalam memelihara sistem setlah sistem tersebut diimplementasikan.
3.                  Struktur Organisasi Layanan Informasi
Spesialis informasi dalam layanan informasi dapat diorganisasikan menurut berbagai macam cara. Unit-unit organisasional yang pertama disentralisasikan ke dalam perusahaan, dengan hampir seluruh sumber daya informasi berada di unit IT.
  • ·         Tren Dari Struktur Tersentralilasi Ke Desentralisasi
Struktur ini disesuaikan dengan siklus hidup sistem. Perusahaan telah menugaskan beberapa orang analis sistem dan programer untuk mengembangkan sistem-sistem baru dan beberapa orang analis serta programmer lainnya memelihara sistem-sistem yang sudah ada. Masing-masing kelompok dipimpin oleh seorang manajer. Unit-unit operasi, administrasi basis data, dan jaringan akan memberikan kontribusi bagi pengembangan maupun pemeliharaan. Selama tahun 1970-an dan 1980-an, beberapa perusahaan mulai mendesentralisasikan kebanyakan sumber daya informasinya dengan mengalokasikan mereka ke unit-unit bisnis dan memberikan wewewnang bagi unit un tuk memutuskan bagaimana sumber daya akan dipalikasikan.
  • ·         Struktur Organisasi Inovatif
Peneliti SIM mengidetifikasikan 3 struktur inovatif yang disebut model sekutu (patner model), model platform (platform model), dan model berskala (scalable model). basis model sekutu adalah bahwa layanan informasi bekerja dengan area-area bisnis dalam menggunakan teknologi informasi guna menghasilkan inovasi. Asumsi yang mendasari model platform adalah bahlwa layanan tidak akan secara aktif mengawali inovasi bisnis, namun akan menyediakan sumber daya informasi sehingga inovasi tersebut dapat dicapai oleh area-area bisnis.
Model berskala menyadari bahwa sumber daya haru diperoleh begitu peluang psar muncul dan harus dapat  dengan cepat dilepaskan ketika peluang tersebut tidak agi terjadi, sehingga tetap mempertahankan biaya tetap pada tingkat yang minimum. Cara pandang inovatif terhadap struktur organisasi ini menyadari bahwa fungsi IT bukanlah suatu unit berdiri sendiri dengan menyimpan seluruh sumber daya informasi dan memberikan semua sistem informasi kepada pengguna.
4.                  Pengguna Sbg Suatu Sumber Daya Informasi
  • ·         Keuntungan Kompetasi Pengguna Akhir
EUC memberikan manfaat utama:
a)      Menyamakan kemampuan dan tantangan
b)      Mempersempit jarak komunikasi
  • ·         Resiko Kompetasi Pengguna Akhir
Ketika pengguna akhir mengembangkan sistem sendiri maka mereka akan menghadapkan perusahaan pada beberapa resiko:
a)      Sasaran sistem yang buruk
b)      Sistem yang dirancang dan didokumentasikan dengan buruk
c)      Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
d)     Hilangnya integritas data
e)      Hilangnya keamanan
f)       Hilangnya kendali
5.                  Kriteria Yg Dibutuhkan Utk Karier Dibidang Layanan Informasi
  • ·         Pengetahuan pengembangan sistem
  • ·         Keahlian pengembangan sistem
  • ·         Keahlian komunikasi
6.                  Otomatisasi Kantor
Otomatisasi kantor adalah penerapan otomatisasi seperti teknologi komputer pada pekerjaan kantor. Otomasi kaontor meliputi seluruh sistem elektronik formal maupun informal yang terutama berhubungan dengan komunikasi informasi ked an dari orang-orang di dalam maupun diluar perusahaan. Satu keunggulan dari office automation (OA) adalah adanya fakta bahwa ia memberikan suatu sambungan komunikasi bagi orang-oarang di dalam dan di luar perusahaan untuk saling berkomunikasi satu sama lain.
7.                  Kantor Maya
OA membuat pekerjaan kantor tidak harus dkerjakan dikantor, pekerjaan dapat dilakukan dimanapun karyawan berada- di suatu kantor maya. Konsep ini mengakui bahwa peerjaan kantor dapat dilakukan disemau lokasi geografis selam tempat kerja tersebut selalu tersambung dengan satu atau lebih lokasi tetap perusahaan oleh suatu jenis kemampuan komunikasi elektronik.
  • ·         Telecomuning
Salah satu cara untuk menggambarkan bagaimana karyawan dapat secara elektronik pergi ke kantor, fokusnya hanya pada beberapa kelas pekerja kantor tertentu saja yang dapat melakukan pekerjaan mereka di rumah
  • ·         Hoteling
Fokus pada hoteling tidak hanya pada beberapa kelas pekerja saja melainkan telah meluas meliputi selurh karyawan yang hanya datang ke kantor ketika dibutuhkan
  • ·         Keuntungan kantor maya
a)      Biaya fasilitas yang lebih  rendah
b)      Biaya peralatan yang lebih rendah
c)      Berkurangnya penghentian pekerjaan
d)     Kontibusi sosial
  • ·         Kerugian kantor maya
a)      Moral yang rendah
b)      Kekhawatiran akan resiko keamanan
8.                  Organisasi Maya
Keberhasilan kantor maya memicu para visioner untu melihat bagaiman kantor maya dapat diperluas hingga berlaku bagi keseluruhan perusahaan-sebuah organisasi maya. Di sebuah organisasi maya, operasi keseluruhan perusahaan dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi titik terikat pada lokasi-lokasi fisik.
·         Dampak sosial organisasi maya
Industri-industri yang paling tertarik pada konsep kantor maya dan organisasi maya adalah industri yang memberikan nilai tambah dalam bentuk imformasi, ide maupun kecerdasan. Ketiga nilai tambah tersebut dikenal dengan sebutan Ekonomi Tiga I (Three I Economy)

This entry was posted by Unknown. Bookmark the permalink.

Leave a Reply